Kesbangpol Balikpapan

Pemerintah Kota Balikpapan
Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik

Badan Kesbangpol Balikpapan Adakan Sosilasi Wawasan Kebangsaan Guna Tingkatkan Pemahaman Moral dan Etika Pelajar Balikpapan

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Balikpapan menyadari bagaimana pentingnya menanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa pada pelajar untuk ikut berkontribusi memajukan kota. Oleh karena itu, diadakanlah sosialisasi peningkatan karakter dan wawasan kebangsaan bagi pelajar tingkat SMP dan SMA selama dua hari di Hotel Horison Ultima Bandara (10/8).

Kepala Badan Kesbangpol, Sutadi, S.Sos., M.M.,  melalui Kepala Bidang Kesbang, Purwantoro percaya bahwa moral pelajar saat ini memerlukan pendidikan khusus. Hal ini disampaikan lewat Kepala Bidang Kesbang, Purwantoro dalam sambutannya. “Dengan memberin pemahaman tentang nilai-nilai etika dan moral yang berlaku, pelajar bisa berperilaku baik di tengah lingkungan masyarakat, terutama sekolah,” ujarnya.

Kemudian, Purwanto juga menegaskan pengadaan sosialisasi ini dilatarbelakangi oleh masalah tawuran yang semakin meresahkan. Bahkan, ia menyebutkan telah mendapati pelajar-pelajar yang terindikasi narkoba. Hal ini sejalan dengan penurunan karakter kebangsaan oleh para pelajar itu sendiri.

Karena itu, Purwanton berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan hasil sesuai harapan. “Kami berharap mereka bisa terhindar dari hal-hal negatif setelah mengetahui bagaimana norma-norma yang berlaku. Dengan begitu, mereka juga bisa menunjukkan bagaimana anak bangsa yang berbudi luhur,” tegasnya.

Dengan latar belakang dan tujuan tersebut, sosialisasi ini diisi dengan pemberian materi oleh Komisi I Kota DPRD Balikpapan, pengurus Jejaring Panca Mandala (JPM) Beriman Balikpapan dengan materi karakter dan wawasan kebangsaan ideologi Pancasila. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang diberikan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Balikpapan.

Melihat bagaimana jalannya kegiatan sosialisasi tersebut, Andi Arif Agung selaku Anggota DPRD Kota Balikpapan memberikan apresiasinya. “Kegiatan seperti ini insyaAllah mampu menjalankan perannya sebagai penyangga IKN bagi anak-anak muda yang menjadi unjung tombak dan penguat masa depan negeri kita”, tuturnya.

Tidak hanya Andi Arif, kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari Anggota DPRD Balikpapan, Simon Sulean. Baginya, sosialisasi yang diadakan oleh Badan Kesbangpol ini mampu mendidik anak bangsa untuk menguatkan wawasan kebangsaannya. “Saya berharap program seperti ini dapat terus berlanjut kedepannya,” pungkasnya bangga.

Sementara itu, apresiasi kembali didapatkan Kesbangpol dan kali ini dari Ketua JPM beriman Balikpapan, Ketut Rasna. Menurutnya, upaya pembangunan wawasan kebangsaan ini penting untuk pola pikir anak muda agar mereka bisa memiliki cara pandang yang baik dan benar. “Semoga anak muda kita bisa menjadi insan Pancasila senjati yang berkarakter dan punya semangat melindungi tanah air,” jelasnya.

Adapun kegiatan sosialisasi ini melibatkan 25 SMP dengan 75 orang peserta yang terdiri dari siswa dan guru pendamping. Sementara itu terdapat 15 SMA dengan 75 orang peserta yang turut andil mengikuti sosialisasi ini. Kesbangpol menutup kegiatan dengan sesi quiz dan penerimaan simbolis bendera merah putih dalam momen Kemerdekaan RI.